2020-05-15 15:28:09

Jakarta, Kamis, 14 MEI 2020, Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset, Dr.Ir. Bambang Subiyanto melantik empat Peneliti LIPI, yaitu : Dr. Nuril Hidayati TH, dengan kepakaran Bidang Botani, Dr. M. Alie Humaedi, M.Hum, dengan kepakaran Bidang Post-Kolonial, Dr. Ana Hadiana, M.Eng.Sc, dengan kepakaran Bidang Teknik Sistem Informasi dan Dr.-Ing. Andika Widya Pramono,M.Sc, dengan kepakaran Bidang Teknik Material.

Orasi Pengukuhan Profesor Riset ini diselenggarakan di Auditorium Utama LIPI dan dilakukan secara daring untuk kali pertama, dikarenakan adanya COVID-19. Dalam pidatonya, Kepala LIPI, DR. Laksana Tri Handoko, M.Sc menanggapi orasi ilmiah, Dr. Nuril Hidayati TH yang mengangkat topik “Tanaman Akumulator Mercury (Hg), Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) untuk fitromediasi”. Menurutnya, yang telah diteliti oleh Dr. Nuril Hidayati sangat relefan untuk ikut memberikan kontribusi bagaimana kita bisa melampaui pandemi hingga vaksin ditemukan, pada akhirnya kita diharuskan untuk beradaptasi dengan kondisi yang seperti ini dan yang telah diteliti oleh Prof. DR. Nuril Hidayati TH menunjukan berbagai rekayasa yang bisa kita lakukan, namun masih dapat menjaga lingkungan hidup dengan memakai edrologi hidrologi hijau dan bersih.

Demikian juga halnya dengan apa yang telah diteliti oleh Dr. M. Alie Humaedi, M.Hum yang mengangkat topik “Menggugah Empati Menarik Simpati Kekuatan Etnografi Post-Kritis dalam Mendorong Kebijakan Berbasiskan Kebudayaan Lokal”. Kita perlu melakukan rekayasa social untuk membuat berbagai strategi, sehingga kita bisa hidup bersama virus Covid-19 dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Apa yang telah dipelajari dan diteliti dari aspek social, memberikan kontribusi dan rekomendasi teknis yang sangat bermanfaat bagi pengambil kebijakan nantinya.

Selanjutnya, menanggapi apa yang telah diteliti oleh Dr. Ana Hadiana, M.Eng.Sc dengan topik “Implementasi Rekayasa Kansei dalam Pengembangan Antarmuka Sistem Informasi E-Learning”. Saat ini kita sangat tergantung dan sudah semakin terbiasa dengan E-Learning dan kemungkinan adanya norma baru, dimana proses pembelajaran dengan pertemuan fisik tatap muka mungkin akan semakin bisa dikurangi. Menanggapi juga penelitian yang dilakukan oleh Dr.-Ing. Andika Widya Pramono,M.Sc dengan topik “Pengembangan Material Superkonduktor dan Biokompatibel untuk Meningkatkan Kemandirian Alat Kesehatan MRI dan Implan Tulang Di Indonesia”. Pada saat ini kita sangat membutuhkan terobosan alat Kesehatan dan medis yang belum pernah ditemukan dan dipikirkan selama ini, dan baru terpikirkan setelah adanya pandemic. Tentu saja alat medis tersebut sangat berkaitan erat dengan material, yang mana material tersebut bisa diterima oleh tubuh manusia dan memenuhi standar medis yang telah ditetapkan.

Pada akhirnya, DR. Laksana Tri Handoko, M.Sc menutup pidato dengan mengucapkan selamat kepada keempat Peneliti baru dan Majelis Pengukuhuan Riset dan panitia yang telah mempersiapkan acara ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancer, sehingga bisa disaksikan oleh seluruh peserta.

Himpenindo (Himpunan Peneliti Indonesia) mengucapkan selamat atas pengukuhan Dr. Nuril Hidayati TH, Dr. M. Alie Humaedi, M.Hum, Dr. Ana Hadiana, M.Eng.Sc dan Dr.-Ing. Andika Widya Pramono,M.Sc. Selamat berkarya untuk bangsa.