2020-04-17 22:32:25

    Sebanyak 64 peneliti yang tergabung dalam organisasi Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Kalimantan Barat (Kalbar) ikut berpartisipasi dalam gerakan solidaritas sosial Peduli Covid-19 di RSUD Soedarso Pontianak, Jumat (17/4). Mereka menghimpun sumbangan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan kebutuhan lainnya seperti vitamin dan suplemen yang diperlukan tenaga medis selama menangani Covid-19.

    Bantuan diserahkan Sekretaris Himpenindo Kalbar Edy Agustinus bersama perwakilan anggota Himpenindo lainnya kepada pihak RSUD Soedarso yang diwakili Kepala Bidang Pengendalian Diah Kusuma Wardani, Jumat (17/4) pagi.

    Edy menyebut para peneliti yang tergabung dalam Himpenindo Kalbar berasal dari berbagai lembaga dan instansi. Diantaranya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar, Balai Bahasa Kalbar, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kalbar, Balai Standarisasi Industri (Baristand) Pontianak, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kalbar, Universitas Tanjungpura (Untan) dan Universitas Panca Bhakti (UPB).

    Ketua Himpenindo Kalbar Muhammad Hatta menambahkan gerakan ini dimulai dengan tahapan pertama yakni mengumpulkan dana dari anggota sejak 08-14 April 2020. Dana tersebut dipergunakan untuk membantu pengadaan kebutuhan petugas rumah sakit.

    Kepala Bidang Pengendalian RSUD Soedarso Diah Kusuma Wardani mengucapkan terima kasih kepada Himpenindo Kalbar atas aksi solidaritas mendukung pihak RSUD Soedarso sebagai salah satu RS rujukan Covid-19 di Kalbar. Sumbangan APD menurutnya memang sangat dibutuhkan. Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat bisa berpartisipasi mendukung tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.