2020-01-20 08:25:19

Tangsel – koranprogresif.co.id – Prospek Kota Tangerang Selatan sebagai kekuatan ekonomi alternatif regional dengan rasio penduduk usia produktif 64% dan pertumbuhan pertumbuhan ekonomi mencapai 7.2%. Perlunya kesiapan infrastruktur, teknologi, perencanaan spasial, dan kestabilan ekonomi serta finansial yang kuat guna menyongsong pembangunan di era industri 4.0.

Di sisi lain, penerapan iptek serta peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi faktor kunci dalam percepatan pembangunan.

Penerapan iptek dan kualitas SDM menjadi faktor kunci, maka diperlukan elaborasi mendalam terkait teknologi-teknologi yang telah dikembangkan oleh SDM iptek di Kota Tangerang Selatan agar dapat dimanfaatkan guna percepatan pembangunan di Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, perlu adanya rekayasa sosial agar SDM, khususnya yang terkait dengan penelitian, inovasi dan pengembangan produk industri, dapat memiliki karakteristik yang mampu menghasilkan inovasi ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi sosial.

Dengan latar belakang tersebut bersamaan dengan agenda pengukuhan kepenguruan Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Kota Tangerang Selatan periode 2019-2024 akan dilaksanakan talkshow pada hari Kamis, 16 Januari 2020, di Balaikota Tangerang Selatan dengan tema “Peranan Iptek dalam mendorong percepatan pembangunan Kota Tangerang Selatan di era industri 4.0”.

Talkshow tersebut akan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yang berkaitan dengan pembangungan kota Tangerang Selatan di antaranya: Kepala Bappeda Kota Tangerang Selatan menyampaian bahasan tentang Tantangan Dalam Pembangunan Kota Tangerang Selatan di Era Industri 4.0; Prof. Ratno Nuryadi – BPPT (Ketua Himpenindo Kota Tangerang Selatan) memapakan tentang Skema Pemanfaatan Iptek dalam Pembangunan Kota Tangerang Selatan, Dr. Bambang Widiyatmoko, M.Eng (LIPI) menawarkan solusi Cerdas Dalam Menangani Isu Lingkungan Hidup dan Kesehatan – Studi Kasus Penanganan Limbah Alat Kesehatan (Alkes); Drs. Totti Tjiptosumirat, M.Rur.Sci. (BATAN) yang akan berbicara terkait Peranan Teknologi Nuklir untuk Kemandirian UMKM di Kota Tangerang Selatan; dan Kepala LPPM Universitas Pamulang; dan Direktur Lembaga Penelitian dan Komersialisasi Teknologi – ITI yang megungkapan tentan Peran Riset Perguruan Tinggi dan Pengabdian Masyarakat untuk Mendorong Pembangunan di Kota Tangerang Selatan.

Acara talkshow dimoderatori oleh Dr. Lukman Shalahuddin (BPPT) ini, dihadiri oleh sekitar 50 peserta dari kalangan peneliti, perekayasa, pranata nuklir, dan dosen di Kota Tangerang Selatan, serta unsur-unsur terkait dari pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Melalui talkshow ini, Himpenindo Kota Tangerang selatan yang diketuai oleh Prof Dr. Ratno Nuryadi sangat mengharapkan setelah dikukuhkan dapat segera memetakan isu-isu pembangunan Kota Tangerang Selatan dan percepatannya yang membutuhkan sentuhan iptek dan inovasi, mengelaborasi potensi pemanfaatan iptek.

Talkshow ini diharapkan, juga dapat membuka ruang diskusi dan kerja sama yang lebih dalam antara Himpenindo dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk mewujudkan Kota yang cerdas, modern dan religius dengan teknologi dan inovda terkini.