2019-12-06 07:55:29

    Medan (Waspada): Ketua Dewan Pengawas Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Pusat Prof Dr Bambang Subianto mengukuhkan pengurus Himpenindo Sumatra Utara di Aula Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jl. AH. Nasution, Kamis (5/12).
    Prof Bambang mengharapkan, ke depan Himpenindo diharapkan berperan dalam pengembangan ekonomi Indonesia berbasis inovasi/penelitian.  "Dengan demikian bisa menumbuhkan sumber ekonomi baru berbasis sumber daya lokal," ujarnya.

    Selanjutnya dengan dibentuknya badan riset inovasi nasional maka para peneliti diperlukan untuk bersinergi baik antara peneliti di Litbang dengan perguruan tinggi. Juga tentunya para peneliti Himpenindo diharapkan dapat bersinergi.  "Kini kalau mau jadi peneliti maka harus mendaftar Himpenindo sebagai organisasi peneliti. "Saat ini sudah sebanyak 3 ribu yang terdaftar dari 8 ribu peneliti aktif," beber Prof Bambang.
    Dia juga berharap adanya sosialisasi tentang pentingnya Himpenindo. Selain itu juga perlu menyosialisasikan soal etika penelitian. Karena banyak sekali pelanggaran etika seperti plagiasi.
    "Kita juga ada MoU dengan LIPI dan akan ada juga penghargaan bagi peneliti berprestasi. Sebagai peneliti harus menjaga integritas, kejujuran, kehati-hatian, dan harus dilaksanakan dengan bertanggung jawab," sebutnya.
    Sementara Ir Misfal, MP Ketua Himpenindo Sumut yang baru dikukuhkan berdasarkan pemilihan pada 7 Agustus 2019 memaparkan komposisi Himpenindo Sumut. "Keanggotaan Himpenindo Sumut terdiri dari beberapa kepakaran dan anggota dari berbagai institusi di Sumut.
    Dia mengharapkan, dengan dikukuhkannya Himpenindo Sumut, kinerja peneliti dapat lebih profesional dan menghasilkan berbagai inovasi. "Ini adalah amanah yang tidak ringan. Dengan beragam kepakaran yang ada dari berbagai instansi, kita harapkan Himpenindo dapat ikut berperan membangun bangsa," katanya.
    Susunan pengurus Himpenindo Sumut 2019 - 2024 yang baru dikukuhkan yaitu Ir Musfal, MP (ketua), Eka NAM Sihombing, SH, M.Hum, Tulus Ikhsan Nasution, PhD, Dr Citra Ramadhan (wakil ketua); Andryan, SH, MH (sekretaris), Dr Suroso Rahutomo, Dr Evawaty Sri Ulins, Cyntia Handita (wakil sekretaris); Dr Vita Cita Tarigan, LLM (bendahara), Sabrina Diaz, Bunga Fisikanta Bukit, S.Si, MSi, Dessy Agustina, SH, MH, Rizki Rahayu, SH (wakil bendahara).
    Untuk bidang-bidang; Budiman Sinaga, SH, MH (Koordinator Bidang Hukum, HAM dan Advokasi), dengan anggota, M. Yusrizal Adi Putra, SH, MH, Aras Firdaus, SH, MH, Dani Sintara, SH, MH, Taufik Nasution, SH, MH; Dr Dedi Sahputra, MA (Koordinator bidang komunikasi dan informasi) dengan anggota, Sahat Simanjuntak, Ir Lesmana Haloho, Junita Sianturi, SP, Irwansyah, SH.I, MH;
    Dr Ida Nadirah (Koordinator bidang kekayaan intelektual), dengan anggota, Dr Yohanes Suhardin, Ali Marwan, Ir Sortha Simatupang, M.Si, Ir Khairul, MM; Dr Ali Prawiro (Koordinator bidang penerbitan dan publikasi ilmiah), dengan anggota, Dr Irwana Nainggolan, MSc, Dr Siti Maryam Harahap, Dr Simon Ginting, MSc, Nita; Dr Setia Sari Girsang (Koordinator bidang kerjasama antar lembaga), dengan anggota, Amir Hamdani Nasution, Dr Edy Sigit Suta-ria, Ir Akmal, MSc, Ir Moral Abadi Girsang, MDM.
    Sedangkan Dewan Pengawas Himpenindo Sumut yang ditunjuk yakti Dr Khadijah EL Ramija, SPi, MP (Kepala BPTP Sumut), Dr Ir Mahrizal Masri, MT, IPM (rektor Institut Teknologi Medan), dan Prof Dr Ir A. Rafiqi Tantawi (Universitas Medan Area).